Home Teknologi Industri • Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

 - 

Dunia teknologi terus berkembang setiap harinya. Seakan seperti nyawa yang terus berdetak, perkembangan ini tidak dapat dihentikan atau bahkan berbalik ke masa yang lampau. Hal ini berkembang dengan positif berkat keinginan masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih berkembang dan lebih mudah lagi. Oleh karena itu aneka kemunculan perkembangan situs sbobet88 indonesia baru umumnya selalu disusul dengan banyak macam perkembangan lainnya. Meskipun banyak hal yang dikembangkan tidak harus semuanya sama dan terbatas pada kondisi tertentu saja, namun di era modern ini terdapat banyak sekali perkembangan yang maju yang sudah menyebar dan diketahui serta digunakan oleh banyak kalangan masyarakat.

Hal ini ditambah dengan fitur dan manfaat dalam beraktivitas seperti yang dapat dinikmati banyak orang bagi kehidupan sehari-harinya. Tidak hanya berisi hal-hal yang berat dan kompleks saja, namun banyak kegiatan sederhana yang mulai bisa dilakukan dengan metode terbaru berkat teknologi yang telah diciptakan. Namun berkat dari informasi yang diberikan belum terlalu menyeluruh, hingga masih banyak terjadi kesalahpahaman serta salah menangkap akan informasi yang disampaikan, banyak orang masih sering salah dalam membedakan 2 jenis pengalaman virtual yang sedang populer masa kini yaitu VR dan AR.

Istilah terbaru pada perkembangan teknologi bagi kalangan masyarakat banyak membahas akan dua macam pengalaman yang diberikan perangkat tertentu bagi memberikan situasi tertentu dalam hidup manusia. Perkembangan ini dikenal dengan nama VR (Virtual Reality) serta AR (Augmented Reality). Kedua jenis ini banyak dipopulerkan seperti dalam video game serta beberapa macam aktivitas kegiatan tertentu. Sebenarnya apakah VR maupun AR tersebut? Apa perbedaan atau kesamaan diantara keduanya? Untuk bisa memahami informasi lebih jelasnya, mari kita simak topik pembahasan di bawah ini.

Perangkat VR Maupun AR

VR maupun AR memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal perangkatnya. Untuk jenis VR, perangkat terutama yang anda gunakan untuk dapat mengaktifkannya seperti dengan menggunakan headset jenis VR. headset jenis ini kemudian anda gunakan dengan console tertentu untuk dapat menggunakan interaksi dan pengalaman virtual dari perangkat headset tersebut. Pada umumnya headset VR perlu dikoneksikan dengan laptop maupun PC yang telah memenuhi standar kondisi tertentu untuk dapat diaktifkan. Salah satu jenis perangkatnya yang cukup terkenal seperti jenis Samsung Gear VR yang cukup sering digunakan untuk dapat menikmati virtual reality. Menariknya perangkat keluaran Samsung ini dapat digunakan dengan menggunakan ponsel sehingga proses pemakaiannya cukup sederhana.

Sedangkan untuk jenis AR, penggunanya tidak memerlukan perangkat maupun alat khusus untuk bisa menikmati aktivitas yang disediakan. Hanya membutuhkan fitur handphone atau tablet tersebut yang telah memiliki fasilitas untuk membuat tampilan gambar terlihat bentuk AR-nya. Anda hanya cukup mengarahkan handphone atau tablet yang telah memiliki fitur AR tersebut ke mana saja untuk menampilkan tampilan animasinya. Bahkan lebih menariknya fitur AR ini lebih memfokuskan hasil efektivitas yang diberikan bagi penggunanya, jauh melebihi hanya sebagai hiburan semata.

Prinsip dan Pengertian Keduanya

Baik itu jenis VR maupun AR umumnya hanya berbeda dalam segi prinsipnya. Tujuan dari dua jenis tersebut pada umumnya sama. Hanya terdapat sedikit perbedaan yaitu dalam segi teorinya. Pada penggunaan VR para penggunanya seolah-olah sedang berada di dunia lain yan gimajinatif dalam perangkat tersebut. Sedangkan para penggunaan AR, lokasi dari si penggunanya tetap berada pada tempat yang sama dengan dengan lokasi ia sedang berpijak. Hanya saja memiliki tambahan efek visual tertentu yang muncul dan timbul dari suatu macam objek atau pemandangan di layar perangkat yang digunakan seperti handphone atau tablet. Contoh penggunaan fitur AR yang sudah berkembang hingga cukup populer seperti dalam game Pokemon GO yang cukup populer banyak dimainkan aneka orang sejak belum lama ini. Cukup dengan mengarahkan kamera belakang dari handphone anda ke lokasi di sekitar, anda bisa menemukan pokemon tertentu yang ternyata sedang berada disana juga.

Keunggulan Maupun Kerugian

Jika ditanyakan akan keunggulan maupun kerugiannya, sebenarnya keduanya tidak bertolak belakang hingga berusaha bersaing dan saling menjatuhkan satu sama lain. Bahkan dalam beberapa kondisi kedua perkembangan ini sering dapat digunakan untuk saling membantu aktivitas penggunanya –  sesuai dengan keinginan yang menjadi harapan pengguna teknologi itu. Dalam fitur penggunaan gabungan dari dua macam teknologi tersebut, pengalaman VR akan mengambil lokasi di dunia nyata anda. Sehingga penggunaan pengalaman visual tersebut dapat didukung dengan lokasi sebenarnya. Hal ini bertujuan agar tidak merepotkan penggunanya akibat aneka hal yang tidak diinginkan terjadi, saat sedang menggunakan perangkat tersebut.

Beberapa contoh penggunaan kedua jenis hal ini baik VR maupun AR seperti yang telah disediakan oleh perangkat Microsoft Hololens serta HTC Vive. Kedua perangkat ini merupakan jenis perangkat yang telah mendukung teknologi virtual reality yang bisa diterapkan pada kondisi lingkungan nyata anda. Bagaimana pendapat anda seputar perkembangan VR maupun AR yang populer sering dibicarakan banyak orang masa modern kini? Tertarikkah anda untuk mencobanya atau jika anda sudah pernah mencoba aktivitas ini di masa yang lalu? Semoga informasi yang dipaparkan membantu luaskan wawasan dan pemahaman anda akan teknologi ya.

Author:Bonnie Hart