Home Default • Mitos Teknologi yang Dianggap Fakta

Mitos Teknologi yang Dianggap Fakta

 - 

Tahukah anda ternyata ada banyak sekali mitos teknologi yang ternyata banyak dipercayai oleh orang-orang, tapi sebenarnya mitos tersebut tidak berdasar. Kebutuhan sekarang, akan penggunaan sebuah teknologi yang ada era serba digital telah memaksa kita secara tidak langsung untuk lebih paham dengan berbagai macam informasi yang terkait tentang teknologi itu sendiri.

Mitos Teknologi yang Dianggap Fakta

Banyaknya teknologi-teknologi modern saat ini juga tidak lepas dari berbagai macam fakta menarik dibaliknya. Tidak hanya fakta, banyak juga mitos beredar mengenai teknologi yang sudah ada sekarang ini. Seperti mitos tentang bahaya sebuah teknologi, mitos tentang berbagai cara penggunaan teknologi yang salah dan juga cukup merugikan, dan berbagai macam mitos teknologi lainnya.

Mitos-mitos teknologi ini mungkin nantinya bagi sebagian orang dapat mengganggu karna mereka percaya akan hal tersebut. Namun ada juga beberapa orang yang malah tidak memperdulikan mitos-mitos ini dan mengabaikannya. Mungkin beberapa mitos tentang teknologi yang cukup terkenal seperti contohnya semakin besar megapiksel dari sebuah kamera maka nantinya hasil foto yang akan dihasilkan juga akan semakin baik. Nah berikut ini adalah beberapa mitos menarik tentang teknologi yang banyak dipercayai oleh masyarakat.

Mac Apple Tidak Akan Terserang Virus

Pengguna Mac juga sering berbangga dengan mengatakan bahwa produk yang mereka gunakan tersebut sudah kebal dari virus komputer. Padahal, seperti yang sudah dari situs How Stuff Works, tidak ada perangkat komputer apapun yang benar-benar kebal dari virus. Pada tahun 2011, seseorang telah mencoba merilis virus Trojan dengan nama lain Mac Defender, sebuah program agen bola palsu yang kemudian mampu menyusup sebuah sistem operasi sebagai sebuah antivirus. Jadi, informasi ini hanya sekedar mitos teknologi.

Incognito Mode Merahasiakan Aktivitasmu di Internet

Incognito mode atau private mode yang bisa anda pilih pada saat menggunakan web browser nantinya tidak akan membuat aktivitas internet anda dirahasiakan dari provider internet yang telah gunakan. Memang browsing history tidak akan tercatat di komputer sehingga tidak ada yang tahu situs apa yang anda kunjungi.

Memang, browsing history anda nantinya tidak akan tercatat di komputer, dan nantinya tidak akan ada yang tahu situs apa yang sebelumnya pernah anda buka. Akan tetapi anda bisa tetap terlacak oleh situs yang memang sudah anda buku. Nah, informasi situs yang anda buka tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh berbagai brand atau produk untuk kemudian membuat sebuah targeted ads sesuai dengan aktivitas anda di internet, lho.

Jangan Mengisi Daya Baterai Kecuali Hampir Habis

Ini salah satu dari mitos teknologi yang juga cukup terkenal. Anda pastinya pernah mendengar bahwa baterai gadget anda bisa rusak jika mengisi dayanya sebelum habis. Fakta ini berlaku bagi baterai dari nikel kadmium tetapi hal ini tidak berlaku untuk baterai lithium-ion yang sudah digunakan massal seperti sekarang ini. Sebenarnya, bagus untuk dapat menjaga agar baterai anda nantinya tidak habis hingga 0%. Bahkan, disarankan untuk anda menjaga isi baterai paling tidak yaitu antara 40-80%.

Smartphone Meledak jika Digunakan saat Mengisi Daya

Memang benar bahwa baterai smartphone tersebut memiliki sebuah risiko untuk bisa meledak. Akan tetapi menurut Mashable, tidak ada hubungannya secara langsung antara pengisian daya dengan risiko dari smartphone meledak jika charger yang digunakan benar dan juga smartphone anda sedang dalam kondisi baik.

Hal ini nantinya kemungkinan akan terjadi jika anda menggunakan charger yang rusak atau memang ada sebuah kesalahan yang ada di dalam manufaktur atau produksi smartphone itu sendiri. Hal tersebut pernah terjadi di pada iPhone 4 yang meledak pada tahun 2013 karena menggunakan charger dengan kondisi buruk.

Mengisi Daya Terlalu Lama Merusak Baterai

Smartphone dan juga perangkat modern lainnya yang menggunakan baterai lithium-ion. Baterai lithium-ion tentunya sudah cukup canggih untuk dapat menghentikan sendiri pengisian daya ketika pada saat baterai tersebut penuh. Jadi, mitos yang satu ini salah karena sebenarnya tidak ada resiko gadget akan rusak ketika terus diisi daya seperti yang sering dikatakan banyak orang. Hanya saja, lebih baik memang anda hentikan karena hal ini nantinya hanya akan membuat tagihan listrik anda naik.

Smartphone Memicu Kanker

Selama dua dekade, perbincangan ini banyak sekali dibahas. Namun ternyata hingga hari ini belum adanya riset yang mampu untuk membuktikan adanya sebuah hubungan langsung antara penggunaan smartphone sebagai salah satu pemicu kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan, bahwa tidak ada bukti bahwa sebuah gelombang radio yang diproduksi oleh smartphone bisa menimbulkan sebuah risiko kesehatan. Akan tetapi, penelitian tentang ini terus dilakukan.

Semakin Tinggi Megapixel Kamera, Semakin Bagus

Ternyata Informasi yang telah beredar selama ini merupakan sebuah mitos teknologi yang juga tidak benar. Memang, resolusi foto yang akan diambil nantinya bisa lebih padat dengan megapixel karena kamera yang tinggi. Akan tetapi, kemampuan dari sebuah fotografi juga menjadi sebuah hal yang berperan banyak dalam hal ini.

Anda pun juga harus memperhatikan penchantaan dan aspek lainnya untuk mendapatkan sebuah foto yang bagus. Bahkan, menurut The Best Schools, dalam sebuah sebuah kondisi pencahayaan biasa saja, kamera dengan 6 hingga 8 megapixel dapat menghasilkan sebuah foto yang lebih bagus dibandingkan kamera 18 megapixel.

Komputer Harus Dimatikan Setiap Malam

Kadang, pada saat kita bekerja atau melakukan aktivitas lainnya dengan menggunakan laptop ataupun sebuah komputer hingga larut malam. Lalu kemudian tidak sengaja tertidur dan lupa mematikan komputer atau laptop hingga pagi. Maka anda Jangan panik, wajib untuk mematikan komputer ataupun juga laptop setiap malam hanyalah sebuah mitos teknologi saja. Benar bahwa komputer ataupun jiga laptop yang dimatikan saat tidak dipakai, akan tetapi bukan berarti jika dinyalakan semalaman akan rusak.

Meletakkan Magnet Dekat Komputer bisa Menghapus Data

Mitos ini tidak juga sepenuhnya salah, tapi memang dibutuhkan sebuah magnet yang sangat besar untuk dapat menghapus semua data yang berada di drive komputer. Seorang ahlI komputer juga menuturkan, komputer modern akan benar-benar rusak ketika berhadapan dengan magnet yang memang benar-benar mempunyai daya yang kuat. Selain itu, medan yang ada dari magnet tersebut harus benar-benar fokus pada perangkat yang memang dituju.

Oleh sebab itu, magnet yang biasanya ditempelkan di kulkas tidak akan dapat mempengaruhi penyimpanan dari hard drive komputer jika di tempelkan. Beberapa mitos tentang teknologi diatas mana yang anda percayai ? Atau mungkin, anda tahu lebih banyak tentang mitos teknologi yang perlu orang lain untuk ketahui juga?

Demikian itulah beberapa mitos dan fakta tentang teknologi yang selama ini sudah berkembang di masyarakat. Mitos-mitos tersebut umumnya dipercayai banyak orang sebagai sebuah fakta yang benar, tapi sebenarnya hal tersebut tidak benar dan beberapa diantaranya masih diuji lebih lanjut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang teknologi. Terimakasih.

In Default

Author:Bonnie Hart