Home Teknologi Industri • Gawat ! Teknologi Robot Mengancam Dunia Industri Pekerjaan Manusia !

Gawat ! Teknologi Robot Mengancam Dunia Industri Pekerjaan Manusia !

 - 
This image has an empty alt attribute; its file name is mO67VMplWdS_AWwbwGYf7fCyhcaRbCTc4BwQcMzGtYgptS1kyr-PPgAL7u0IyKEZNc_XzlMr--BaXxjxA-LzCVJBOhHwdAzVVp75frIYOaY4z5nQT8ATs1Vjzx4hCfVDkIKnccPg

Mungkin saja kita sudah tidak asing lagi dengan adanya sebuah istilah inovasi disruptif (disruptive innovation) yang dimana dengan pesatnya sebuah perkembangan teknologi pada saat ini dan Robot bisa mengerjakan hal-hal yang dulunya itu hanya bisa dikerjakan oleh Manusia saja.

Hal ini lah yang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kita. Bahkan World Economic Forum telah meramalkan dalam sebuah artikel yang berjudul Future Jobs Report 2018 yang dimana perubahan pada teknologi ini akan terus terjadi selama empat tahun kedepan bahkan bisa juga lebih. Yang artinya itu, akan memiliki sebuah kemungkinan yang besar akan terjadi pada penurunan jumlah dari sumber daya manusia dalam dunia industri sebab akan ada penyelesaian pekerjaan yang akan digantikan oleh para robot.

Teller Bank

Dengan adanya sebuah perkembangan teknologi, kini setiap bank akan mulai menghadirkan mesin ATM yang sangat canggih. Selain bisa digunakan untuk tarik tunai, mesin tersebut juga bisa digunakan untuk transfer uang dan segala macam pembayaran tagihan yang kalian ingin gunakan pada mesin tersebut, ATM juga sekarang sudah menghadirkan fitur setor tunai yang ada pada mesin situs slot mpo. Kemajuan ini yang membuat peran teller mengalami penurunan sekitar hampir 8% dan teller kemungkinan akan menghilang di 10 tahun kedepan dan akan digantikan oleh fitur fitur yang semakin canggih.

Operator Telepon

Kecanggihan pada teknologi mesin yang penjawab saat ini telah mampu melayani para penelepon customer service, dan kemudian akan menyambungkannya ke bagian atau ke pihak yang akan para penelpon tersebut dituju. Tanpa kalian sadari, peran seorang operator telepon pun semakin terpinggirkan dan kemudian akan digantikan juga oleh robot atau teknologi yang canggih lainnya yang dapat menggantikan peranan tersebut. Meski akan begitu, keberadaan mereka ini memang masih tetap akan diperlukan, sebagian besar orang biasanya akan ditugaskan untuk menjadi customer service. Tetapi ada kemungkinan juga bahwa lahan yang itu akan digantikan oleh teknologi yang akan berkembang semakin waktu berjalan.

Agen Travel

Pada saat ini sudah ada banyak yang tersedia di aplikasi-aplikasi yang sudah menyediakan berbagai macam kemudahan dalam mencari tiket untuk kemana saja bahkan tiket tersebut bukan hanya untuk bepergian saja tetapi juga bisa digunakan pada permainan atau tempat lokasi bermain lainnya, bahkan pada hotel dan paket tour juga sudah tersedia di aplikasi yang semakin berkembang ini. Sebagian besar dari masyarakat telah menggunakan aplikasi/website untuk melakukan sebuah search, share, dan juga untuk booking berbagai macam tiket dan voucher yang sudah tersedia di aplikasi tersebut. Hal ini tentunya akan bisa memperburuk kondisi yang ada pada agen travel konvensional, jika mereka tidak bisa melakukan penyesuaian dan perubahan pada bisnis yang mereka jalani, maka bisa saja agen pada travel konvensional akan menghilang seiring berjalannya waktu secara perlahan hingga menghilang secara permanen dan mulai dilupakan.

Pelayan Restaurant

Beberapa restoran yang ada di Jepang telah mengadopsi teknologi robot humanoid ini sebagai pelayan yang ada di restoran mereka. Robot ini memiliki tugas untuk mengantarkan dan juga untuk menyajikan makanan kepada pelanggan yang membeli makan disana. Selain itu juga, para robot juga sudah dilengkapi dengan memiliki kemampuan untuk menghibur para pelanggan yang makan di restoran tersebut. Para pelanggan pun bisa berfoto atau selfie dengan si robot pelayan tersebut meskipun si robot ini sambil membawa baki yang berisikan pesanan dari para pengunjung.

Petugas Pengisi Bensin Bahan Bakar yang ada

Pada saat ini di Indonesia sedang melakukan uji coba dengan menggunakan sistem pengisian bahan bakar dengan cara mandiri di beberapa stasiun yang ada pengisian BBM milik Pertamina. Pelanggan mulai dilatih untuk bisa mengisi BBM secara mandiri (self-service) serta para pembeli bahan bakar melakukan pembayaran secara non tunai (cashless). Pelayanan self-service cashless ini akan memberikan banyak sekali efisiensi. Sebab untuk satu lajur itu akan ada beberapa tempat yang digunakan untuk mengisi bensin dan juga yang berisi 4 dispenser biasanya akan diisi 4 petugas dan kini hanya perlu 1 petugas saja yang hanya mendampingi para pengguna untuk memberikan instruksi cara pengisian BBM tersebut.

Kasir 

Istilah kasir ini sudah pasti sudah tidak lumrah lagi jika kalian senang berbelanja di ritel swalayan yang sudah pastinya akan membayar belanjaan kalian di kasir, bukan? Kalian bisa bayangkan percaya atau tidak, dalam 10 tahun ke depan akan sebanyak 6 hingga 7,5 juta para pekerja ritel tidak akan lagi ada dan juga akan tergantikan oleh robot dan teknologi yang akan semakin berkembang saja setiap tahunnya bahkan bukan tahun lagi tetapi sudah bulan. Yang artinya, ada sekitar 16 juta orang yang bekerja sebagai kasir akan terancam digantikan oleh tenaga robot dan juga teknologi yang semakin canggih ini.

Pegawai Pos

Pekerjaan yang sebagai pengantar surat atau biasa dikenal dengan pegawai pos memang sekarang ini sudah mulai jarang sekali terlihat atau hanya di beberapa lokasi saja yang masih ada pegawai pos selebih nya sudah tidak ada lagi dan sudah mulai menghilang. Mungkin saja anak sekarang juga tidak mengetahui bahwa ada pegawai pos atau ada pos yang dulunya sangat digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas berkas yang sangat penting. Sekarang ini, sudah ada kebanyakan orang atau perusahaan yang akan lebih memilih mengirimkan surat dengan menggunakan email atau bisa dengan secara social media lainnya seperti whatsapp. Karena hal ini dinilai lebih efisien dan juga lebih efektif, kalian tidak perlu lagi untuk menunggu waktu yang sangat lama untuk kalian mendapatkan sebuah surat atau sebuah dokumen penting lainnya. Karena jika terlambat untuk mengirimkan surat atau terlambat sampai semua itu tidak akan berguna lagi karena sudah kehilangan sesuatu yang berharga.

Sudah pasti hal-hal yang telah dijelaskan diatas itu bisa menggoyangkan perjalanan pada karier yang kita miliki sekarang ini. Namun kalian tidak perlu khawatir lagi, karena dari kita masih bisa mempertahankan karir yang kalian miliki pada era teknologi yang semakin canggih ini dengan baik asalkan kalian memiliki dan juga ikut mengembangkan beberapa keahlian yang kalian miliki lalu hal itu dapat menunjang karir yang kita miliki. Salah satu cara yang termudah untuk kalian mengembangkan keahlian yang kalian miliki atau skill yang kalian miliki adalah dengan memanfaatkan teknologi yang canggih itu sendiri melalui kalian belajar online dan selalu mengikuti perkembangan itu sendiri. Good luck! Pasti kita dapat menyeimbangkan diri kita dengan teknologi yang semakin canggih ini.

Dengan kalian terus berkembang juga sama dengan perkembangan yang ada pada teknologi maka hal ini akan sangat mudah untuk kalian lalui, para perusahaan yang ada pun tidak akan membuang orang orang yang terus berkembang juga.

Author:Bonnie Hart